Hi, guest |Welcome toBelajar Jadi Pengusaha| Register | Sign in

Wednesday, April 29, 2015

Growbox: Penyedia Media Tanam Jamur dengan Omzet Puluhan Juta

. Wednesday, April 29, 2015

Peluang usaha bisa datang dari mana dan siapa saja. Bagi seseorang yang memiliki jiwa wirausaha, menangkap dan menciptakan peluang merupakan salah satu kemampuan yang harus di asah dan ditumbuhkan setiap saat. Demikian halnya dengan 4 anak bangsa yang di gawangi oleh Annisa, Aldi, Adi, dan Robby ini yang berhasil menangkap peluang yang terbuka lebar seiring dengan maraknya budidaya jamur tiram.  

Dengan menggunakan label Growbox, keempat pemuda dari latar belakang pendidikan yang berbeda tersebut membuat dan menyediakan media tanam untuk jamur tiram. Salah satu keunggulan dari media tanam GrowBox ini adalah bisa digunakan sebagai media tanam berbagai jenis jamur, seperti: tiram putih, tiram kuning, tiram biru, tiram coklat, dan tiram pink. Selain itu, harganya yang relative terjangkau yaitu Rp75 ribu per box membuat produk mereka banyak diminati para petani jamur di berbagai pelosok nusantara hingga beberapa negara lainnya. 

Untuk menggaet konsumen, Growbox melakukan penjualan melalui website (online) dan offline yaitu dengan menitipkan produk mereka di beberapa toko di mall Jakarta. Mengingat pangsa pasarnya bukan hanya di satu daerah, maka tidaklah mengherankan jika pendapatan dari online lebih besar dari penjualan offline. Saat ini, pendapatan yang didapat dari pangsa online mencapai 80% dari omset mereka. Penjualan terbesar di Kota Jakarta, Bandung, Surabaya. Sedangkan pasar luar negeri, sudah ada permintaan barang dari Singapura, Thailand, dan AS. Dengan pangsa pasar yang luas tersebut menjadikan omset yang mereka dapatkan cukup menggiurkan. Sampai dengan saat ini, setiap bulan Growbox harus menyediakan 500-1000 box media tanam jamur yang apabila dinominalkan omset yang mereka dapat adalah  Rp20 juta-40 juta/bulan.

Mengingat usaha mereka belum lama, masih kisaran beberapa tahun tidaklah mengherankan jika berbagai kendala masih menghadapi mereka. Salah satunya adalah pengenalan produk terhadap calon konsumen, mengingat budidaya jamur adalah kegiatan yang belum banyak dikenal orang. Selain itu, keterbatasan produksi juga menjadi permasalahan tersendiri bagi mereka. Pada saat banyak order yang masuk, kadangkala stock masih kosong, sehingga mereka harus mencari petani ke berbagai daerah yang dijadikan sebagai mitra kerja sehingga dapat memenuhi kuantitas

Salah satu strategi bisnis yang dijalankan agar Growbox selalu mendapat hati para konsumen adalah dengan membuat konsep “Zero Waste Management”. Konsep tersebut mengandung maksud bahwa Growbox ingin mengolah kembali limbah serbuk kayu menjadi baglog, yaitu media tanam berupa kayu gelondongan. Setelah growbox tumbuh, sisanya ditaburkan ke tanah jadi tanaman lebih subur. bata, panel, dll. Untuk ke depannya, mereka ingin menjadikan serbuk kayu tersebut sebagai bahan bangunan. Sekarang lagi tahap awal pembangunan rumah percontohan di Bandung. 

(Sumber: www.swa.co.id)

Share this Article now on :
ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN :


3 comments:

Obat Herbal Kanker Serviks said...

ide bagus juga buat usaha sampingan makasih info idenya bermanfaat sekali

Cara Menambah Nafsu Makan said...

boleh juga omzetnya sangat menguntungkan sekali makasih infonya

Ginseng Kianpi Pil said...

tanaman jamurnya sangat menguntungkan sekali makasih infonya

:X ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment